Senin, 30 November 2009

Kabupaten Bogor

Kabupaten Bogor, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Cibinong. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Tangerang (Banten), Kota Depok, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi di utara; Kabupaten Karawang di timur, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi di selatan, serta Kabupaten Lebak (Banten) di barat. Kabupaten Bogor terdiri atas 40 kecamatan, yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan di Kecamatan Cibinong.

Kabupaten Bogor secara garis besar terdiri atas tiga wilayah dan 40 kecamatan. Kecamatan-kecamatan tersebut dibagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan Kabupaten Bogor terletak di Kecamatan Bogor, yang berada di sebelah utara Kota Bogor.

Adapun Daftar Wilayah dan Kecamatan di Kabupaten Bogor adalah:

Wilayah Timur:

Kecamatan Gunung Putri
Kecamatan Cileungsi
Kecamatan Klapanunggal
Kecamatan Jonggol
Kecamatan Sukamakmur
Kecamatan Cariu
Kecamatan Tanjungsari


Wilayah Tengah:

Kecamatan Gunung Sindur
Kecamatan Parung
Kecamatan Ciseeng
Kecamatan Kemang
Kecamatan Rancabungur
Kecamatan Bojonggede
Kecamatan Tajur Halang
Kecamatan Cibinong
Kecamatan Sukaraja
Kecamatan Dramaga
Kecamatan Cijeruk
Kecamatan Cigombong
Kecamatan Caringin
Kecamatan Ciawi
Kecamatan Megamendung
Kecamatan Cisarua
Kecamatan Citeureup
Kecamatan Babakan Madang
Kecamatan Ciomas
Kecamatan Tamansari


Wilayah Barat:

Kecamatan Jasinga
Kecamatan Parung Panjang
Kecamatan Tenjo
Kecamatan Cigudeg
Kecamatan Sukajaya
Kecamatan Nanggung
Kecamatan Leuwiliang
Kecamatan Leuwisadeng
Kecamatan Cibungbulang
Kecamatan Ciampea
Kecamatan Pamijahan
Kecamatan Rumpin
Kecamatan Tenjolaya

Wilayah Timur Kabupaten Bogor merupakan kawasan favorit pengembangan wilayah pemukiman Jakarta saat ini. Alasan utama hal tersebut adalah karena telah dibukanya jalur jalan baru dari Cibubur menuju Bandung melewati Gunung Putri dan Cileungsi. Jalur ini belum memiliki nama resmi, sedangkan nama yang secara umum digunakan masyarakat adalah Jalan Alternatif Cibubur-Cileungsi.

Sejak dibukanya Jalan Alternatif tersebut, kompleks pemukiman modern dengan skala besar segera bermunculan sehingga harga tanah di kawasan ini menjadi salah satu yang termahal di Bodetabek. Kemunculan kompleks-kompleks pemukiman ini menyebabkan sangat banyak penduduk Kabupaten Bogor yang memiliki pekerjaan di Jakarta. Salah satu penduduk tersebut adalah Presiden ke enam Republik Indonesia, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ia tinggal di Desa Cikeas, Kecamatan Gunung Putri dan bekerja di Istana Merdeka

Bagian utara Kabupaten Bogor merupakan dataran rendah (lembah Sungai Ciliwung dan Sungai Cisadane, sedang bagian selatan berupa pegunungan, dengan puncaknya: Gunung Halimun (1.764 m), Gunung Salak (2.211 m), dan Gunung Gede Pangrango (3.018 m) yang merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Barat.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Bogor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar