Senin, 30 November 2009

Wisata Agro Gunung Mas

Perkebunan Gunung Mas didirikan pada tahun 1910, adalah merupakan salah satu unit usaha PT. Perkebunan Nusantara VIII (persero) yang berlokasi di Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor dengan iklim termasuk type B menurut klasifikasi Schmidt & Ferguson, dengan curah hujan cukup tinggi sepanjang tahun antara 2500 - 4000 mm. Perkebunan Gunung Mas yang sekarang merupakan penggabungan antara Perkebunan Gunung Mas dan Cikopo Selatan (lama) sejak tahun 1972.


Perkebunan Gunung Mas mulai diusahakan pada tahun 1910 oleh sebuah maskapai Perancis dengan nama "GOENOENG MAS PRANCOISE NEDERLANDISE de CULTURE etde COMMERCE". Pada tahun 1954 pengelolannya kepada Perusahaan Belanda, yaitu "NV TIEDEMAN K VAN KERCHEM (TVK) yang mempunyai Kantor Pusat di Bandung.

Pada tahun 1958 diambil alih oleh Pemerintah Republik Indonesia (dinasionalisasi) dimasukkan dalam PPN Baru Kesatuan Jabar II. Pada tahun 1963 diadakan reorganisasi dan Perkebunan Gunung Mas dimasukkan kedalam PPN Antan VII. Mulai tanggal 1 Agustus 1971 status PNP XII berubah lagi menjadi PT Perkebunan XII (persero). Terhitung mulai tanggal 11 Maret 1996, PT. Perkebunan XII berubah lagi nama yaitu PT. Perkebunan Nusantara VIII (penggabungan dari PTP XI, PTP XII dan PTP XIII) dengan alamat Kantor Pusatnya saat ini di Jalan Sindangsirna No.4 Bandung.

Perkebunan Gunung Mas merupakan salah satu unit usaha PT Perkebunan Nusantara VIII (Persero), terletak di ketinggian antara 800 sampai 1.200 meter diatas permukaan laut dengan suhu rata-rata berkisar 12 - 22 °C, menjadikan sebuah tempat yang sejuk dan nyaman untuk beristirahat, berekreasi ataupun pertemuan - pertemuan lain. Perkebunan Gunung Mas terletak di kawasan Puncak berjarak ± 80 KM dari Jakarta ke arah puncak.

Keragaman Objek Wisata yang berada di Gunung Mas akan menjadi daya tarik untuk anda coba mulai dari berjalan santai di lingkungan kebun teh (Tea Walk) sampai wisata petualangan ada disini. Akomodasi yang diperlukan pun tersedia, mulai dari tempat menginap, ruang pertemuan, live music bahkan catring pun dengan aneka hidangan lengkap bisa anda pesan.


Sumber :
http://www.gunungmas-agrotourism.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar